Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan mata kuliah intrakulikuler yang diselenggarakan oleh akademik di seluruh perguruan tinggi sebagai program yang wajib untuk diikuti oleh seluruh mahasiswa dengan tujuan untuk mendapatkan ilmu, pengalaman dan wawasan sebagai pengalaman hidup di tengah-tengah masyarakat setelah lulus dari perguruan tinggi.

Kelompok mahasiswa Universitas Mataram (Unram), yang terdiri dari 9 mahasiswa, melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2022/2023 di Desa Dadap, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur (Lotim).

"Program KKN ini telah kami laksanakan selama 35 hari, dari Estimasi 54 hari yang telah dilaksanakan. Salah satu program yang Kami laksanakan adalah peningkatan fasilitas wisata di Pantai Dadap. Kami sangat bersyukur karna dengan bantuan masyarakat desa Dadap program kerja ini dapat berjalan dengan efektif dan efisien." Kata I Made Oka Aditya, selaku ketua kelompok KKN di desa Dadap 2023

Dijelaskan juga bahwa, setelah semua anggota kelompok melaksanakan survei lokasi di Desa Dadap, terkait dengan permasalahan dan potensi yang ada di Desa. Dimana pantai Dadap yang ada di desa Dadap ini merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat memiliki potensi sebagai wisata unggulan yang tidak hanya di kenal di Lombok saja bahkan bisa mendunia. Maka kelompok mereka pun mulai menyusun program kerja, untuk selanjutnya dilaksanakan bersama-sama dengan masyarakat juga.

"Salah satu program kerja yang kami laksanakan adalah peningkatan fasilitas wisata berupa pemasangan plang petunjuk arah ke lokasi wisata pantai Dadap, penyediaan tempat sampah, dan pembuatan spot foto di sekitar wisata pantai yang ada di desa Dadap. Peningkatan Fasilitas Wisata ini kami harapkan dapat memberikan kenyamanan kepada wisatawan dan bisa memudahkan wisatawan untuk menuju lokasi wisata dan tujuan lainnya adalah menciptakan lingkungan yang bersih dan indah di lokasi wisata dan membentuk daya tarik lebih dari pembuatan spot foto ini." Jelas Oka

Program kerja ini telah selesai dilaksanakan pada tanggal 1 Juli 2023 untuk plang petunjuk lokasi wisata dan pada tanggal 10 Juli 2023 untuk tempat sampah serta tanggal 16 Juli 2023. Tentunya proses pelaksanaan kegiatan program kerja ini tidak lepas dari bantuan masyarakat Desa Dadap, baik perangkat desa, karang taruna, dan kelompok sadar wisata (pokdarwis) Desa Dadap. Dalam pembuatan plang lokasi wisata, tempat sampah, dan spot foto dilakukan dengan pembagian tugas masing-masing mahasiswa KKN, meliputi pembelian alat dan bahan, pengecatan, pemasangan kayu di tiang besi, pemotongan kayu dan bambu serta membuat hingga merakit tempat sampah dan spot foto.

Desa Dadap memiliki potensi wisata alam berupa pantai, pegunungan dan danau. Namun, wisata yang paling menarik di desa ini adalah wisata pantai, seperti Pantai Dadap, Pantai Kubur Butun dan Pantai Ujung serta di pantai ini dilengkapi dengan panorama mangrove yang sangat indah. Pantai ini sering di kunjungi oleh masyarakat untuk berkreasi bahkan ada yang camping di pantai tersebut. Apabila pantai ini dapat dikembangkan secara maksimal maka kedepannya bisa menjadi wisata yang ramai bahkan bisa mendunia hingga mancanegara.

Persoalannya, meski destinasi wisata itu telah dikenal masyarakat (wisatawan). Namun belum dilengkapi dengan papan petunjuk arah yang jelas serta kurang penyediaan tempat sampah serta kurangnya spot foto yang menjadi penambah daya tarik wisatawan. Sehingga tak jarang masyarakat luar atau pengunjung yang datang menjadi tersasar atau merasa kurang nyaman Karna kurangnya tempat sampah.

“Melihat kondisi tersebut, KKN-PMD UNRAM 2023 Desa Dadap berinisiatif membuat dan memasang plang petunjuk arah menuju ke lokasi wisata yang ada di Desa Dadap serta penyediaan tempat sampah yang memadai. Plang petunjuk arah dibuat menggunakan bahan tiang dan kayu agar dapat bertahan lama dan berkelanjutan serta terlihat lebih menarik ke depannya. Spot foto dibuat menggunakan bambu agar terlihat lebih unik dan menarik tujuan nya adalah untuk menarik daya tarik wisatawan,” terang Oka

Setelah selesai pembuatan program plang lokasi wisata, tempat sampah, dan spot foto tersebut, dipasang diberbagai titik lokasi jalan yang telah di tentukan. Untuk tempat sampah telah di pasang di berbagai tempat wisata yang sekiranya menjadi tempat rawan sampah dilokasi wisata. Sementara spot foto di pasang di area yang strategis pada wisata pantai Dadap.

Besar harapan kami dari kelompok KKN PMD UNRAM 2023 Desa Dadap dengan adanya petunjuk arah tersedianya tempat sampah dan spot foto ini para pengunjung lebih mudah mengetahui lokasi wisata dan para pengguna jalan yang melintas di Desa Dadap dapat mengetahui adanya destinasi wisata di desa Dadap serta para wisatawan menjadi nyaman dengan penyediaan fasilitas penunjang seperti tempat sampah di lokasi wisata dan juga terdapat spot foto yang menarik untuk menambah daya tarik wisatawan semoga Desa Dadap ke depannya lebih berkembang lagi khususnya dalam bidang pariwisata. Kami melihat bahwa sektor pariwisata di Desa Dadap adalah wisata yang memiliki potensi yang sangat besar, sehingga dengan potensi itu apabila dikembangkan dengan baik akan berdampak pada sosial ekonomi masyarakat desa Dadap terutama masyarakat pesisir pantai. Besar harapan kami juga untuk  pokdarwis di Desa Dadap agar lebih berperan secara aktif dalam menjaga dan mengelola wisata di Desa Dadap terutama wisata pantainya yang masih asri dan memiliki panorama yang indah sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi Desa ini agar lebih dikenal oleh wisatawan lokal maupun mancanegara dan bisa menjadi salah satu destinasi pariwisata unggulan Provinsi Nusa Tenggara Barat.